Tugas Review Pemberitaan Edukasi Makanan Sehat Untuk Mencegah Diabetes Mellitus






Kegiatan penyuluhan kesehatan merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap masyarakat dalam memberi edukasi dan wawasan pengetahuan mengenai makanan sehat untuk mencegah terjadinya penyakit degenerative salah satunya adalah penyakit diabetes mellitus. 

Pada kegiatan penyuluhan kesehatan ini dilakukan di RT 01 RW 02 Kelurahan dukuh Menanggal Surabaya. Penyuluhan kesehatan ini memberikan penyuluhan kepada ibu-ibu PKK RT 01 RW 02 untuk lebih memperhatikan makanan yang telah dikonsumsi selama ini baik untuk ibu maupun anggota keluarga nya yang akan berkaitan dengan diabetes mellitus. 

Penyakit diabetes mellitus merupakan penyakit akibat gangguan metabolic yang dapat menyebabkan beragam dan gejala dengan karakteristik hierglikemia yang mengakibatkan kelainan sekresi insulon, cara kerja insulin atau keduanya. Terdapat tiga jenis diabetes mellitus yaitu Diatebetes mellitus tipe 1, diabetes mellitus tipe 2, dan diabetes gestasional. 

Tidak hanya memberikan materi berupa informasi diabetes mellitus, namun mahasiswa jurusan S1 gizi Universitas Nadhlatul Ulama Surabaya (UNUSA) juga mengukur kadar glukosa darah ibu-ibu PKK RT 01 RW 02 Kelurahan dukuh menanggal surabaya. Hasil pengukuran  kadar glukosa didapagkan sebanyak 94,4% memiliki kadar glukosa <200 mg/dl, dan ada juga yang memiliki kadar glukosa >200 mg/dl sebanyak 5,6%. Pengukuran kadar glukosa selesai dan tak lupa memberi informasi mengenai makanan yang sehat merupakan kunci untuk mencegah timbulnya penyakit diabetes mellitus salah satunya karena tingginya bahan makanan yang dikonsumsi mengandung antioksidan

Dengan adanya kegiatan penyuluhan kesehatan ini, masyarakat bisa mengetahui apa yang harus mereka lakukan untuk dirinya sendiri beserta keluarganya sebagai bentuk antisipasi terhadap diabetes mellitus ini. 

Referensi: EDUKASI MAKANAN SEHAT UNTUK MENCEGAH DIABETES MELLITUS DI RT 01 RW 02 KELURAHAN DUKUH MENANGGAL, SURABAYA

Sosial Media : 

Facebook: https://www.facebook.com/unusaofficialfb

Instagram : https://www.instagram.com/unusa_official/


Blog teman saya : https://jurnaldinda11.blogspot.com/2023/08/resume-unusa-menjadi-ikon-pendidikan_31.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mahasiswa Unusa Berintelektual dengan anti kekerasan seksual, anti perundungan menjadi remaja asyik tanpa usik

Indonesia Emas (mandiri dan bersatu dalam nilai gotong royong yang berintegritas)

Mahasiswa bebas narkoba untuk mendukung Generasi Rahmatan lil alamin Unusa