resume pkkmb fakultas kesehatan 2023





MATERI 1 

Pemateri : Firdaus, S. Kep. Ns., M. Kes. –Wakil Dekan Fakultas Kesehatan

Tema : Visi, Misi, dan tujuan Fakultas Kesehatan Unusa

Materi : 

Visi : Menjadi Fakultas Kesehatan Terkemuka, Unggul dibidang Promotif dan Preventif, Profesional, Berjiwa wirausaha dan Berjati diri Islami

Misi :

1) Melaksanakan Pendidikan akademik dan vokasi di bidang Kesehatan  promotif dan preventif yang kompetitif, berpikir analitis, kritis dan inovatif

2) Melaksanakan kegiatan penelitian yang mempunyai kontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang promotif dan preventif

3) Melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat di bidang kesehatan guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat

4) Menumbuh kembangkan  sumberdaya manusia yang professional dan  berjiwa wirausaha   yang  memiliki integritas  dan berjati  diri Islami.

5) Melaksanakan manajemen professional dalam mengelola fakultas yang berjati diri islami

6) Menumbuh kembangkan budaya Ahlus Sunnah wal Jamaah An- Nahdliyah dalam kegiatan akademik dan Non Akademik dalam kehidupan masyarakat. 


Tujuan : 

1) Menghasilkan lulusan pendidikan akademik dan vokasi di bidang Kesehatan promotif dan preventif yang kompetitif berpikir analitis, kritis inovatif

2) Menghasilkan penelitian dibidang promotif dan preventif yang mempunyai kontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi di bidang promotif dan preventif  yang  bertaraf Nasional maupun Internasional.

3) Mewujudkan derajat kesehatan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat dalam program pengabdian masyarakat

4) Menghasilkan sumberdaya manusia yang professional dan berjiwa wirausaha  yang memiliki integritas dan berjati diri Islami

5) Mewujudkan Fakultas dengan organisasi dan tata kelola yang profesional, bermutu, serta berjati diri Islami




MATERI  2 

(MAHASISWA ITU APA YA? MAU JADI APA?)

Pemateri : Merry Sunaryo, S. Km.,M.K.K  –Dosen D-IV K3 

tema : MAHASISWA ITU APA YA? MAU JADI APA?

materi : 

Menurut saya, mahasiswa ialah individu yang sedang menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Saat menjadi mahasiswa kita harua memiliki beberapa sifat dan juga karakter yang harus ditumbuhkan, seperti : Komunikasi, Attitude, disiplin, adaptif, kuat, kepedulian, kerjasama, kuat mental, kerja keras. Mahasiswa harus punya beberapa sifat dan karakter tersebut, karena akan berhubungan dengan mahasiswa tersebut menjalani di universitas, contohnya seperti attitude, komunikasi, adaptif, dan disiplin. 

Attitude mer merupakan karakter Dan saat bertemu dengan dosen pembimbing dosen. Seharusnya masiswa mempunyai karena hal tersebut yang membawa ke ending perjuangan kuliah. untuk karakter dan sifat kedua yaitu komunikasi dengan adanya hal tersebut masiswa harus bisa belajar menggunakan bahasa tahu, tidak hanya dengan Dosen, orang yang lebih tua, namun kita juga harus bisa mengetahui kondisi di mana saat formal ataupun tidak

 fakultas kesehatan memiliki empat lagi meskipun antara dosen dan mahasiswa berbeda program studi tetapi tetap satu fakultas yang di mana tetap satu rumah dan juga satu keluarga. 




MATERI 3 

Pemateri : Yauwan Tobing Lukiyono, S.S.T.,M.T  –Asisten ahli Fakultas Kesehatan Unusa 

Tema : Membangun mahasiswa menjadi sense of belonging produktif  dan inovatif untuk masa depan pendidikan

Materi :

mahasiswa harus mencerminkan sense of belonging yang merupakan sebuah perasaan yang ada dalam diri anggota suatu kelompok atau organisasi. Sense of belonging menjadi suatu kebutuhan dasar yang perlu dimiliki manusia, karena sense of belonging terkait dengan keadaan psikologis, kesehatan mental, dan juga fisik. 

sense of belonging atau rasa memiliki menjadi salah satu fondasi utama yang bentuk identitas diri seseorang dan mendorong seseorang untuk dapat memotivasi agar dapat berpartisipasi dalam suatu kelompok. contoh saat baru pertama kali mengikuti organisasi kegiatan mahasiswa, namun saya tidak disambut dengan ramah oleh anggota organisasi tersebut, di situ saya merasa tidak disukai oleh anggota organisasi tersebut. Hal ini yang membuat diri sendiri tidak merasa diterima dan akhirnya diri sendiri atau saya memiliki keputusan untuk keluar dari organisasi tersebut. Namun sebaliknya, jika saya disambut dengan baik dan juga ramah oleh anggota organisasi tersebut, maka saya merasa dimiliki dan bisa menempatkan diri di dalam organisasi tersebut dengan nyaman. 

sense of belonging untuk mencapai tujuan membutuhkan kejujuran, kedisiplinan, kepercayaan harus dimiliki oleh setiap individu. Hal ini juga bisa dikembangkan atau ditumbuhkan melalui mengikuti organisasi yang ada pada lingkungan tersebut.

sense of belonging memiliki lima prinsip yaitu tanggung jawab, kepekaan, Enterpreneurship, Etos kerja yang tinggi, dan juga konsisten. sense of belonging sangat penting untuk diri sendiri Salah satunya merupakan fondasi utama untuk membentuk identitas seseorang. Cara membangun sense of belonging yaitu dengan percaya diri, samakan visi dan misi yang dituju, pro aktif dalam membangun budaya menghargai, menghadirkan benefits. Lingkungan merupakan salah satu faktor untuk mengembangkan diri sendiri, jika berteman dengan seseorang yang tidak dapat memberi benefit yang baik maka diri sendiri akan merasa dirugikan dan juga bisa saja diri sendiri akan mengikuti arus negatif tersebut.

cara membangun rasa produktif dan inovatif yaitu

komitmen dan keinginan menjadi mahasiswa yang sukses dua percaya diri dan ketekunan


Manfaat dari sense of belonging 

1) Membentuk perilaku positif 

2) membentuk Etos kerja yang baik

3) membentuk citra organisasi dan loyalitas 

4) Membuat bahagia dan mengurangi resiko kejahatan


Tips membangun sense of belonging 

1) Kenali organisasi dan anggota terlebih dahulu

2) pahami dengan sifat manusia 

3) perbaiki komunikasi dengan orang lain


Pergerakan mahasiswa dapat ditunjukkan 

1) Prestasi Akademik

Tidak harus selalu juara, namun yang memberi benefit yang baik terhadap diri sendir. Tugas utama mahasiswa adalah belajar, karena kedudukan di kampus sebagai : 

1) akademisi

2) pemikir

3) bergerak secara logis dan terukur 


2) Opini lewat tulisan 

opini merupakan faktor paling penting dalam mempengaruhi ala mahasiswa. 

Kurangnya dari sense of belonging akan membuat kontribusi mahasiswa semakin menurun seiring  penurunan kinerja mahasiswa saat mengikuti organisasi atau kegiatan lainnya. Ketika ada statement kita harus mengelola lalu dipikirkan lagi lakukan berulang kali, maka kamu akan menemukan jawaban yang logis dan yang kamu mau menurut diri sendiri.





MATERI 4

Pemateri : Muhammad Ilham Rizqi Dermawan, S.TR.,KKK

Tema : Mewujudkan generasi Z yang siap bersaing mewujudkan generasi yang lebih baik. 


Materi : 

Jadilah pribadi yang menantang di masa depan, bukan pengecut yang aman di zona nyaman - kak ilham 

Generasi Z merupakan individu yang lahir di tahun 1995 - 2012. Tumbuh dilingkungan yang serba digital membuat generasi ini tumbuh menjadi pribadi dengan karateristik yang beragam,baik dari sisi hubungan interpersonal maupun akademis.

Kelebihan : 

1) Berkembang nya teknologi

2) lebih mudah bersosialisasi

3) diberinya ruangan khusus untuk tempat belajar atau bekerja

4) lebih menyukai bekerja dilingkungan yang memberikan ruang bagi mereka untuk bertumbuh ,lebih kreatif, dan penuh tantangan.

5) terbukannya akses informasi membuat generasi ini lebih cepat belajar.


Kelemahan : 

- Terburu-buru dalam mencapai sesuatu 

- kecenderungan untuk selalu ingin dituruti kemauanya

- rentan kecanduan gadget 

-kurang disiplin dalam hal hal kecil 

-emosi yang cenderung labil

Mau mimpi tapi tau kalo hanya mimpi mimpi lagi dan hanyalah menjadi mimpi. Mau mimpi tapi diri takut sendiri. Mau ini itu tapi tak tau. Mencoba mimpi lagi tapi hanya mimpi. Rasanya itu tak pasti. Mencoba memilih tapi tidak mau karena itu hanya mimpi.

Saat kelemahan kita terjadi maka kegagalan akan terjadi. Kegagalan akan terjadi apabila kita berhenti mencoba. Orang sukses selalu kelebihan satu cara, namun orang gagal selalu kelebihan satu alasan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mahasiswa Unusa Berintelektual dengan anti kekerasan seksual, anti perundungan menjadi remaja asyik tanpa usik

Indonesia Emas (mandiri dan bersatu dalam nilai gotong royong yang berintegritas)

Mahasiswa bebas narkoba untuk mendukung Generasi Rahmatan lil alamin Unusa